Selasa, 09 Juli 2013

Inventarisasi Hutan Rakyat tahun 2013

INVENTARISASI HUTAN RAKYAT DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2013


A.   Latar Belakang
Dalam rangka mitigasi iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan maka dilakukan pembangunan hutan baik dalam kawasan maupun luar kawasan. Pembangunan hutan di luar kawasan di Jawa Timur dilaksanakan pada lahan-lahan milik, lahan desa, dll. Hutan yang di bangun di luar kawasan biasa disebut sebaga hutan rakyat.
Pembangunan hutan rakyat di Provinsi Jawa Timur ini sudah dimulai sejak Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL). Hutan rakyat saat ini sudah tersebar di seluruh kabupaten di Jawa Timur dengan jenis-jenis tanaman yaitu jati, mahoni, gmelina, jabon, dll.
Hutan rakyat di Jawa Timur mempunyai potensi kayu yang sangat besar dan dapat menyediakan bahan baku industri kayu. Untuk mengetahui potensi dan perkembangan hutan rakyat di Jawa Timur maka perlu dilaksanakan inventarisasi hutan rakyat di kabupaten/kota se Jawa Timur.

B.   Maksud & Tujuan
Maksud dilaksanakan inventarisasi pengembangan hutan rakyat di Jawa Timur adalah sebagai upaya untuk mengumpulkan data dan informasi pembangunan hutan rakyat di kabupaten kota se Jawa Timur.
Adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan data perkembangan hutan rakyat selama lima tahun terakhir dari tahun 2007 s/d 2011.








* Kegiatan dilaksanakan pada Triwulan II tahun 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar